Partisipasi Lembaga Jasa Keuangan dalam Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2018

Admin
3 Comments
image1

OJK bersama  dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) secara rutin menyelenggarakan kegiatan "Bulan Inklusi Keuangan". Pada kegiatan Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober 2016 dan 2017, tercatat adanya capaian yang meningkat yaitu pembukaan rekening baru sebanyak 3.545.812 pada tahun 2016 dan 5.489.145 rekening pada tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan melalui partisipasi aktif IJK dapat mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut dia atas dan sebagai bentuk implementasi Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasioanl Keuangan Inklusif (SNKI), tahun ini kami bermaksud menyelenggarakan kembali kegiatan "Bulan Inklusi Keuangan" yang akan dilaksanakan selama bulan Oktober 2018 dengan tema "Sinergi Mendorong Percepatan Akses Keuangan".

1. Sehubungan dengan hal tersebut, kegiatan Bulan Inklusi Keuangan tahun ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayaha Indonesia oleh OJK bersama dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Kementerian/Lembaga dan stakeholders  terkait baik di pusat maupun di daerah. Pelaksanan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan oleh LJK antara lain difokuskan pada :

  • Penjualan produk/jasa keuangan berinsentif (discount, bonus dan reward)
  • Kegiatan edukasi keuangan; dan
  • Kampanye program inklusi keuangan 

2. Berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan tersebut, kami mengharapkan dukungan dan kerja sama Saudara terkait  hal berikut ini :

 

  • Mempublikasikan secara aktif kegiatan Bulan Inklusi keuangan melalui media promosi yang dimiliki oleh instansi Saudara seperti website, majalah internal, media sosial, viedotron dan billboard mulai tanggal 1 s.d 31 Oktober 2018
  • menyampaikan nama pejabat/staf Saudara sebagai Person In Charge (PIC). untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi dalam kegiatan Bulan Inklusi keuangan dimaksud. Adapun nama pejabat/staf dimaksud dapat disampaikan kepada kami paling lambar tanggal 25 September 2018.
  • Melaporkan rencana  kegiatan paling lambat tanggal 25 September 2018 dan realisasi kegiatan tanggal 27 Oktober 2018. Adapun tata cara dan penyampaian laporan dapat dilihat serta dilakukan melalui email : inklusi.keuangan@ojk.go.id dengan mencantumkan nama pejabat/staf PIC, nama LJK serta userid.

3. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan seperti halnya yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, bentuk publikasi bersama yang digunakan adalah dengan menggunakan logo dan tagline sebagai berikut  :

Logo : 

   

Tagline

Tagline Utama :  "Inklusi Keuangan Untuk Semua"

Tagline Industri 

Perbankan  Ayo ke Bank 
Pasar Modal Yuk Nabung Saham; Ayo Investasi di Reksa Dana 
Pembiayaan  Maju Berkat Pembiayaan 
Asuransi  Mari Berasuransi 
Pergadaian  Ayo Menabung Emas 
Dana Pensiun  Menabung untuk Hari Tua 

 

Dalam hal diperlukan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Bulan Inklusi Keuangan dapat menghubungi Sdri. Indria Putri pada nomor telp (021) 29600000 ext. 4824 atau email : indria.putri@ojk.go.id atau Sdri. Charolina Prasetyaningtyas pada nomor telepon (021) 2960000 ext. 5123 email : charolina.prasetya@ojk.go.id

 

Contact Details

Telephone:021-5227966
Fax:021-5228643
Email: admin@iai.co.id
Website: iai.co.id

PALMA ONE Lt. 11 Ruang 1101,
Jl. H.R Rasuna Said Kav X2 No.4
Kuningan, Jakarta Selatan 12950